January 31, 2012

Charlie And The Chocolate Factory

Setelah membaca novel ini, saya jadi tahu darimana inspirasi JK. Rowling dan dunia ajaibnya di Harry Potter berasal... ;p

Saya akui sih, saya memang sedikit telat baca novel ini. Saya sendiri baru tahu kalau cerita ini berasal dari cerita anak-anak. Saya pertama kali kenalan dengan cerita ini ketika nonton filmnya, itupun di televisi saja, karena saya bukan penggemar film Hollywood yang bergegas ke bioskop begitu ada film baru. Saya hanya menonton film yang saya suka saja, dan itu jumlahnya nggak banyak. Lainnya? Ya nonton aja di TV, atau beli dvdnya, atau yang paling oke ya "ngerampok" dari temen yang udah donlot filmnya... ;p

Dan... Buku itu adalah.... #jengjengjeng

January 27, 2012

Codex : Makanan dan Depopulation Program


Memelihara jumlah ras manusia di bawah 500.000.000 agar bisa memelihara keselarasan dengan alam

Kata-kata di atas tertulis dalam sebuah bangunan batu bersusun yang diletakkan secara misterius di suatu tempat di Amerika Serikat. Mereka menyebutnya dengan Georgia Guidstones. Ada juga yang menyebutnya dengan American Stonehenge, karena empat buah batu besar itu disusun sedemikian rupa hingga menyerupai Stonehenge.

January 22, 2012

Bukan Wonderland Saya

Baru kali ini nih saya bingung mau buat review buku ini darimana. O.o
Saya tidak terlalu menikmati kisah yang baru saja saya baca ini. Bahkan, saya butuh waktu sekitar empat hari untuk menyelesaikannya. Soalnya saya nggak merasa tertantang untuk baca kelanjutannya. Padahal, saya sudah berekspektasi cukup banyak dengan buku ini. Dan, buku itu adalah....

Kisah Epos Ramayana (Bagian 2)

Bagian kedua dari resensi kisah RAMAYANA. Bersiaplah untuk SPOILER dan bersabarlah karena resensi saya ini saangaattt paanjjaanggg~ ;p


BUKU EMPAT KISKENDA - KANDA

Buku keempat dibuka dengan Rama yang berduka cita karena kehilangan istrinya. Meskipun demikian, Rama tidak larut dalam hal tersebut dan bergegas menemui Sugriwa, seperti yang disarankan oleh seseorang yang ditolong Rama di buku ketiga.

January 20, 2012

Kisah Epos Ramayana

Pembuka
Di awal tahun ini, saya mendapat kejutan yang menyenangkan. Saya memenangkan kontes tahunan meresensi buku yang diadakan Mbak Okeyzz disini, dan mendapatkan buku sebagai hadiahnya. Buku yang saya menangkan adalah Ramayana, yang ditulis oleh Walmiki. Tetapi, versi yang saya baca ini adalah versi terjemahan dari bahasa Sansekerta oleh P. Lal. Nah, karena saya sudah memenangkan buku, saya harus buat resensinya deh.

Awalnya, saya mengira buku Ramayana yang saya terima ini adalah Ramayana versi Indonesia. Tetapi, ternyata ini adalah versi asli Ramayana yang ditulis oleh Walmiki, dengan penerjemahnya P. Lal. Saya sendiri sebenarnya tidak tahu apa perbedaan di antara keduanya, tetapi saya rasa pasti ada bedanya, karena ketika sebuah karya sastra disadur dari negara aslinya, ia pasti akan mengalami adaptasi dan asimilasi dengan kebudayaan setempat. Dengan membaca Ramayana versi asli, saya pikir saya akan lebih mudah memahami Ramayana versi Indonesia, jika saya membacanya kelak.

January 15, 2012

The Picture of Dorian Gray

Buku pertama yang saya beli di tahun 2012 ini adalah "The Picture of Dorian Gray" karya Oscar Wilde. Buku yang saya beli ini cukup tipis, hanya 64 halaman saja. Saya sendiri awalnya mengira, cerita tentang Dorian Gray ini agak tebal. Tapi, kemudian saya sadar kalau ini adalah "retold version" yang memang diperuntukkan bagi orang-orang yang mau belajar bahasa Inggris melalui karya-karya sastra. Buku yang diterbitkan oleh Dian Rakyat in harganya juga murah, hanya Rp 15.000,- saja.

Saya baru beli buku ini kemarin, ketika jalan-jalan ke Toko Buku Leksika, Kalibata City. Saya penasaran dengan toko buku ini, karena katanya mereka membagi-bagikan buku gratis setiap harinya. Sayangnya, saya kemaleman ke sananya. Buku yang dibagikan gratis itu hanya sampai pukul 19.00 saja. Jadi, saya ga dapet buku gratis deh.. Hiks.

Nah, ketika saya berkeliling, saya tiba-tiba melihat buku ini. Saya memang sudah penasaran sejak nonton filmnya, yang dibintangi oleh Ben Barnes itu. Saya nggak nyangka awalnya, kalau cerita itu berasal dari buku, apalagi yang ngarang Oscar Wilde. Dan saya jadi terkejut campur takjub setelah baca novel ini...

January 13, 2012

Name In A Book Challenge 2012

Ehem-ehem... Alhamdulillah saya udah masuk BBI. Dan saya punya blog baruuu!! Yuhuu!! \(^v^)/

Masih dalam rangka "pindahan" dari blog saya yang satunya di multiply, saya sekarang mau ikutan challenge lagi. *saya lagi mabok challenge nih. Hahaha*

Challenge saya kali ini tentu saja bukan dibuat oleh saya. Hehehe, ini challenge yang saya dapat dari blog tetangga. Nah, berhubung saya lagi rajin baca, rajin review, dan rajin nge-blog, saya jadi penasaran mau ikutan juga. Challengenya menarik, jadi saya menantang diri saya untuk ikut berpartisipasi. Apalagi beberapa dari buku yang masuk kriteria itu udah ada di rak saya, cuman belum selesai dibaca. Ditambah lagi juga, ini challenge buat buku fiksi!! Buku kesukaan saya.

So, Challenge seperti apakah itu? Let's check it out!

The Girl With The Dragon Tattoo

Postingan awal di Multiply pada 7 Januari 2011

"Setiap saat ada perempuan hilang. Tak seorang pun yang mencari mereka."
Buku yang akan saya review kali ini adalah sebuah novel thriller-misteri berjudul "The Girl With The Dragon Tattoo" karya Stieg Larrson. Buku ini adalah seri pertama dari tiga seri petualangan Mikael Blomkvist dan Lisbeth Salander, dua tokoh utama dari seri ini. Novel yang sangat kelam, mengungkap sisi-sisi buruk manusia, dan kekerasan yang dialami oleh perempuan-perempuan di Eropa, khususnya Swedia.

Pangeran Kecilku


Review tentang The Little Prince ini saya ikutkan dalam lomba ini dan pertama kali saya unggah di blog saya pada 6 Desember 2011
All grown-ups were children first... But few of them remember it...

To Leon Werth
When He Was a Little Boy

Teror Hantu Opera

Postingan ini dipindahkan dari blog saya. Pertama kali post pada 7 Desember 2011

Buku yang akan saya review kali ini adalah The Phantom of  The Opera, karya seorang novelis Prancis Gaston Leroux. Awalnya, novel ini diterbitkan secara berseri di sebuah surat kabar Prancis bernama Le Gaulois di tahun 1909.

Mungkin sudah banyak di antara kita yang mendengar tentang The Phantom of The Opera. Tapi, berapa banyakkah dari kita yang benar-benar tau seperti apa ceritanya? Dan berapa banyakkah dari kita yang benar-benar pernah membacanya sendiri? Di sini, saya akan mencoba menuliskan sedikit review tentang novel yang sangat terkenal ini.

Novel The Phantom of The Opera bercerita tentang teror yang terjadi di sebuah gedung opera besar di Paris. Teror itu dibuat oleh sesosok misterius yang menamakan dirinya Hantu Opera. Tak ada yang tahu sosoknya seperti apa. Apakah ia manusia ataukah hantu? Tak ada yang pernah melihatnya. Namun, mereka semua merasakan terornya. Teror yang mengerikan dari sosok tanpa wujud itu.

Pindahan

Assalamu'alaikum~
 

Di Jum'at yang basah ini saya mau mengumumkan kepindahan blog saya ke blogspot ini. Hohohoo

Blog saya yang satunya di http://berlaridiatasawan.multiply.com/ masih tetap aktif dan Insya Allah akan terus diisi (ehem, ayo semangat!!). Alasan saya pindah blog ini adalah karena saya ingin bergabung ke Blogger Buku Indonesia (BBI).

Jujur saja, saya ini orang yang baru di dunia blog2-an. Saya sudah bikin blog sejak luamaa, tapi saya terlalu malas untuk mengisinya. Jadi, blog saya di multiply yang sudah saya buat sejak 2007 saya anggurin aja deh. Hehehe

Berawal dari tahun 2011 kemarin, saya berkomitmen untuk membuat review dari setiap buku yang saya baca. Selama ini, saya tulis reviewnya secara tertulis (yep, pake tulisan tangan) di buku khusus di rumah. Itu juga yang saya bikin baru dikit sih, karena saya malas menulis. Hahaha.. Lalu kemudian saya tersadar. Kenapa saya nggak masukin review buku saya di blog aja? (yaelah, kemane aje lo slama ini, Tik... xp) Itung-itung nambah entri di blog sendiri. Ada yang baca syukur, ga ada juga gapapa bisa jadi arsip pribadi.

Nah, berbekal dari niat suci nan mulia itu, mulailah saya memasukkan review buku yang saya baca di blog. Saat itu saya mikir, seru kali ya kalau ketemu orang-orang di blog ini yang sama-sama suka ngereview dan bisa saling sharing tentang buku... Saat itu saya blom tau BBI... Goodreads juga tau sebatas nama aja. Hehehe, saya tau ini memang basi, karena saya memang nggak terlalu aware dengan kayak gitu-gituan.

Ternyata menulis review buku di blog itu membawa berkah lo. Saya jadi kenalan sama blog tetangga, blognya mbak Okeyzz, disini. Ternyata dia lagi bikin annual contest resensi buku gitu, dan saya ikutan. Dan alhamdulillah saya menang ;). Makasih banyak yaa... Sejak ikutan lomba, saya jadi semakin semangat mereview buku dan jadi tau banyak blog-blog keren buatan negeri sendiri yang mendedikasikan isinya untuk buku-buku. Wow!

Setelah pikir-pikir, pikir-pikir, dan pikir-pikir, saya jadi pengen banget bergabung dengan BBI. Saya ingin menyebarkan keindahan dan kenikmatan membaca buku pada semua orang (yah, minimal ke rakyat Indonesia dulu aja lah. Toh english saya masih jauh dari cukup untuk bisa ngereview dengan bagus xp). Buku yang saya review sih masih sedikit. Tapi saya ingin selalu terpacu untuk mereview setiap buku yang saya baca. Dan saya rasa, bergabung dengan BBI adalah langkah awal yang bagus di tahun 2012 ini.. ;)

Yah, begitulah alasan saya 'bedol desa' ke blog baru ini. Soalnya saya nggak mau blog saya yang lama harus saya korbankan. Saya suka nulis, dan suka menuangkan pikiran saya ke tulisan, jadi biarlah saya buat blog baru saja supaya lebih fokus.

Ehem-ehem.. Singkat kata: 


WELCOME TO MY NEW BLOG. 
AND PLEASE BE KIND WITH ME... ;)

Semoga blog saya bermanfaat dan bisa menambah kecintaan kita terhadap buku.

January 12, 2012

Somewhere Only We Know -sebuah fragmen Wuthering Heights-

I walked across an empty land
I knew the pathway like the back of my hand
I felt the earth beneath my feet
Sat by the river and it made me complete

Pernahkah kalian mengasosiasikan sebuah lagu dengan cerita dari sebuah buku. Saya pernah. Setiap kali mendengar lagu "Somewhere Only We Know" oleh Keane, saya selalu teringat dengan salah satu novel favorit saya, Wuthering Heights.

Kisah si Tengil


Minggu lalu ketika saya berjalan-jalan ke TM Bookstore Detos, saya menemukan buku ini. Tinggal satu-satunya. Tanpa pikir panjang, saya langsung membawa buku itu ke kasir, dan membayarnya! Buku itu adalah... "Diary si Bocah Tengil" yang diterbitkan oleh Atria di Mei 2009.

2009? Sudah lama sekali ya. Yang saya beli ini bahkan sudah cetakan ke-10!! Wow! Sudah lama sekali saya melewatkan buku ini. Tapi, saya punya alasan yang cukup kuat. Tahun 2009 saya masih berada di Jepang, jadi saya tidak tahu kalau buku ini adalah buku yang bagus, bahkan best seller (alasan.. xp). Selain itu, tidak ada alasan bagi sebuah buku untuk menjadi kuno, menurut saya. Dan itulah istimewanya sebuah buku. Dia akan terus hidup selama ada orang yang membacanya. Kalo nggak, saya pasti jadi orang yang sangat kuno sekali (lebay), karena saya juga baru baca Heidi, The Little Prince, Pride and Prejudice, dan lain-lainnya akhir-akhir ini.

Penyihir Hebat Oz

Hore!! Saya menyelesaikan satu buku lagi minggu ini. Kerjaan saya soalnya belum ada kemarin, jadinya saya menghabiskan waktu untuk membaca novel The Wizard of Oz yang memang sengaja saya bawa. Untung saya bawa! Kalo nggak saya bisa cengo deh. Hahaha

Hhhmmm... Enaknya gimana ya ceritanya...

Gini aja deh....

Oh iya, Spoiler alert!!

Dorothy adalah seorang gadis kecil yatim piatu yang tinggal bersama Paman Henry dan Bibi Em di sebuah desa pertanian yang muram di Kansas. Suatu hari, angin puting beliung menerbangkan rumah Dorothy dan membawanya ke negeri ajaib. Dorothy tiba di negeri para Munchkin bersama anjing kecilnya, Toto. Ketika itu, "rumah terbang" Dorothy tidak sengaja meniban Tukang Sihir Jahat dari Timur dan membunuhnya. Dengan terbunuhnya penyihir jahat itu, para Munchkin bisa hidup dengan bebas kembali. Dorothy mengambil sepatu perak penyihir jahat dan memakainya. Di tempat itu, ia bertemu Penyihir Utara yang baik hati. Dorothy ingin kembali ke rumahnya di Kansas, tapi ia tidak tahu caranya. Dan sayangnya, Penyihir Utara tidak dapat membantunya. Tapi ada satu cara. Yaitu bertemu Penyihir Agung Oz yang terkenal kesaktian dan kebijaksaannya. Petualangan Dorothy untuk bertemu Oz di negeri ajaib itu pun dimulai....

Percy Jackson dan Dewi Olympia Terakhir

Percy Jackson And The Olympians - The Last Olympian

Buku ini adalah buku terakhir yang saya baca di tahun 2011. Seri terakhir Percy Jackson, yang sebenarnya sudah lama diterbitkan di Indonesia, tapi baru sekarang saya membacanya. Saya ini penganut better late than never, terutama soal membaca buku. Jadi ya, nggak papa lah ya saya baru baca sekarang.

Seri terakhir Percy Jackson ini benar-benar seru. Bikin saya tegang sepanjang waktu. Banyak kejutan-kejutan yang benar-benar bikin saya terkejut. Pokoknya benar-benar seru deh (eh, saya sudah sebut-sebut soal seru ya... ;p) Sejauh ini, buku terakhir inilah yang jadi favorit saya. (eh, udah selesai ya?)

January 31, 2012

Charlie And The Chocolate Factory

Setelah membaca novel ini, saya jadi tahu darimana inspirasi JK. Rowling dan dunia ajaibnya di Harry Potter berasal... ;p

Saya akui sih, saya memang sedikit telat baca novel ini. Saya sendiri baru tahu kalau cerita ini berasal dari cerita anak-anak. Saya pertama kali kenalan dengan cerita ini ketika nonton filmnya, itupun di televisi saja, karena saya bukan penggemar film Hollywood yang bergegas ke bioskop begitu ada film baru. Saya hanya menonton film yang saya suka saja, dan itu jumlahnya nggak banyak. Lainnya? Ya nonton aja di TV, atau beli dvdnya, atau yang paling oke ya "ngerampok" dari temen yang udah donlot filmnya... ;p

Dan... Buku itu adalah.... #jengjengjeng

January 27, 2012

Codex : Makanan dan Depopulation Program


Memelihara jumlah ras manusia di bawah 500.000.000 agar bisa memelihara keselarasan dengan alam

Kata-kata di atas tertulis dalam sebuah bangunan batu bersusun yang diletakkan secara misterius di suatu tempat di Amerika Serikat. Mereka menyebutnya dengan Georgia Guidstones. Ada juga yang menyebutnya dengan American Stonehenge, karena empat buah batu besar itu disusun sedemikian rupa hingga menyerupai Stonehenge.

January 22, 2012

Bukan Wonderland Saya

Baru kali ini nih saya bingung mau buat review buku ini darimana. O.o
Saya tidak terlalu menikmati kisah yang baru saja saya baca ini. Bahkan, saya butuh waktu sekitar empat hari untuk menyelesaikannya. Soalnya saya nggak merasa tertantang untuk baca kelanjutannya. Padahal, saya sudah berekspektasi cukup banyak dengan buku ini. Dan, buku itu adalah....

Kisah Epos Ramayana (Bagian 2)

Bagian kedua dari resensi kisah RAMAYANA. Bersiaplah untuk SPOILER dan bersabarlah karena resensi saya ini saangaattt paanjjaanggg~ ;p


BUKU EMPAT KISKENDA - KANDA

Buku keempat dibuka dengan Rama yang berduka cita karena kehilangan istrinya. Meskipun demikian, Rama tidak larut dalam hal tersebut dan bergegas menemui Sugriwa, seperti yang disarankan oleh seseorang yang ditolong Rama di buku ketiga.

January 20, 2012

Kisah Epos Ramayana

Pembuka
Di awal tahun ini, saya mendapat kejutan yang menyenangkan. Saya memenangkan kontes tahunan meresensi buku yang diadakan Mbak Okeyzz disini, dan mendapatkan buku sebagai hadiahnya. Buku yang saya menangkan adalah Ramayana, yang ditulis oleh Walmiki. Tetapi, versi yang saya baca ini adalah versi terjemahan dari bahasa Sansekerta oleh P. Lal. Nah, karena saya sudah memenangkan buku, saya harus buat resensinya deh.

Awalnya, saya mengira buku Ramayana yang saya terima ini adalah Ramayana versi Indonesia. Tetapi, ternyata ini adalah versi asli Ramayana yang ditulis oleh Walmiki, dengan penerjemahnya P. Lal. Saya sendiri sebenarnya tidak tahu apa perbedaan di antara keduanya, tetapi saya rasa pasti ada bedanya, karena ketika sebuah karya sastra disadur dari negara aslinya, ia pasti akan mengalami adaptasi dan asimilasi dengan kebudayaan setempat. Dengan membaca Ramayana versi asli, saya pikir saya akan lebih mudah memahami Ramayana versi Indonesia, jika saya membacanya kelak.

January 15, 2012

The Picture of Dorian Gray

Buku pertama yang saya beli di tahun 2012 ini adalah "The Picture of Dorian Gray" karya Oscar Wilde. Buku yang saya beli ini cukup tipis, hanya 64 halaman saja. Saya sendiri awalnya mengira, cerita tentang Dorian Gray ini agak tebal. Tapi, kemudian saya sadar kalau ini adalah "retold version" yang memang diperuntukkan bagi orang-orang yang mau belajar bahasa Inggris melalui karya-karya sastra. Buku yang diterbitkan oleh Dian Rakyat in harganya juga murah, hanya Rp 15.000,- saja.

Saya baru beli buku ini kemarin, ketika jalan-jalan ke Toko Buku Leksika, Kalibata City. Saya penasaran dengan toko buku ini, karena katanya mereka membagi-bagikan buku gratis setiap harinya. Sayangnya, saya kemaleman ke sananya. Buku yang dibagikan gratis itu hanya sampai pukul 19.00 saja. Jadi, saya ga dapet buku gratis deh.. Hiks.

Nah, ketika saya berkeliling, saya tiba-tiba melihat buku ini. Saya memang sudah penasaran sejak nonton filmnya, yang dibintangi oleh Ben Barnes itu. Saya nggak nyangka awalnya, kalau cerita itu berasal dari buku, apalagi yang ngarang Oscar Wilde. Dan saya jadi terkejut campur takjub setelah baca novel ini...

January 13, 2012

Name In A Book Challenge 2012

Ehem-ehem... Alhamdulillah saya udah masuk BBI. Dan saya punya blog baruuu!! Yuhuu!! \(^v^)/

Masih dalam rangka "pindahan" dari blog saya yang satunya di multiply, saya sekarang mau ikutan challenge lagi. *saya lagi mabok challenge nih. Hahaha*

Challenge saya kali ini tentu saja bukan dibuat oleh saya. Hehehe, ini challenge yang saya dapat dari blog tetangga. Nah, berhubung saya lagi rajin baca, rajin review, dan rajin nge-blog, saya jadi penasaran mau ikutan juga. Challengenya menarik, jadi saya menantang diri saya untuk ikut berpartisipasi. Apalagi beberapa dari buku yang masuk kriteria itu udah ada di rak saya, cuman belum selesai dibaca. Ditambah lagi juga, ini challenge buat buku fiksi!! Buku kesukaan saya.

So, Challenge seperti apakah itu? Let's check it out!

The Girl With The Dragon Tattoo

Postingan awal di Multiply pada 7 Januari 2011

"Setiap saat ada perempuan hilang. Tak seorang pun yang mencari mereka."
Buku yang akan saya review kali ini adalah sebuah novel thriller-misteri berjudul "The Girl With The Dragon Tattoo" karya Stieg Larrson. Buku ini adalah seri pertama dari tiga seri petualangan Mikael Blomkvist dan Lisbeth Salander, dua tokoh utama dari seri ini. Novel yang sangat kelam, mengungkap sisi-sisi buruk manusia, dan kekerasan yang dialami oleh perempuan-perempuan di Eropa, khususnya Swedia.

Pangeran Kecilku


Review tentang The Little Prince ini saya ikutkan dalam lomba ini dan pertama kali saya unggah di blog saya pada 6 Desember 2011
All grown-ups were children first... But few of them remember it...

To Leon Werth
When He Was a Little Boy

Teror Hantu Opera

Postingan ini dipindahkan dari blog saya. Pertama kali post pada 7 Desember 2011

Buku yang akan saya review kali ini adalah The Phantom of  The Opera, karya seorang novelis Prancis Gaston Leroux. Awalnya, novel ini diterbitkan secara berseri di sebuah surat kabar Prancis bernama Le Gaulois di tahun 1909.

Mungkin sudah banyak di antara kita yang mendengar tentang The Phantom of The Opera. Tapi, berapa banyakkah dari kita yang benar-benar tau seperti apa ceritanya? Dan berapa banyakkah dari kita yang benar-benar pernah membacanya sendiri? Di sini, saya akan mencoba menuliskan sedikit review tentang novel yang sangat terkenal ini.

Novel The Phantom of The Opera bercerita tentang teror yang terjadi di sebuah gedung opera besar di Paris. Teror itu dibuat oleh sesosok misterius yang menamakan dirinya Hantu Opera. Tak ada yang tahu sosoknya seperti apa. Apakah ia manusia ataukah hantu? Tak ada yang pernah melihatnya. Namun, mereka semua merasakan terornya. Teror yang mengerikan dari sosok tanpa wujud itu.

Pindahan

Assalamu'alaikum~
 

Di Jum'at yang basah ini saya mau mengumumkan kepindahan blog saya ke blogspot ini. Hohohoo

Blog saya yang satunya di http://berlaridiatasawan.multiply.com/ masih tetap aktif dan Insya Allah akan terus diisi (ehem, ayo semangat!!). Alasan saya pindah blog ini adalah karena saya ingin bergabung ke Blogger Buku Indonesia (BBI).

Jujur saja, saya ini orang yang baru di dunia blog2-an. Saya sudah bikin blog sejak luamaa, tapi saya terlalu malas untuk mengisinya. Jadi, blog saya di multiply yang sudah saya buat sejak 2007 saya anggurin aja deh. Hehehe

Berawal dari tahun 2011 kemarin, saya berkomitmen untuk membuat review dari setiap buku yang saya baca. Selama ini, saya tulis reviewnya secara tertulis (yep, pake tulisan tangan) di buku khusus di rumah. Itu juga yang saya bikin baru dikit sih, karena saya malas menulis. Hahaha.. Lalu kemudian saya tersadar. Kenapa saya nggak masukin review buku saya di blog aja? (yaelah, kemane aje lo slama ini, Tik... xp) Itung-itung nambah entri di blog sendiri. Ada yang baca syukur, ga ada juga gapapa bisa jadi arsip pribadi.

Nah, berbekal dari niat suci nan mulia itu, mulailah saya memasukkan review buku yang saya baca di blog. Saat itu saya mikir, seru kali ya kalau ketemu orang-orang di blog ini yang sama-sama suka ngereview dan bisa saling sharing tentang buku... Saat itu saya blom tau BBI... Goodreads juga tau sebatas nama aja. Hehehe, saya tau ini memang basi, karena saya memang nggak terlalu aware dengan kayak gitu-gituan.

Ternyata menulis review buku di blog itu membawa berkah lo. Saya jadi kenalan sama blog tetangga, blognya mbak Okeyzz, disini. Ternyata dia lagi bikin annual contest resensi buku gitu, dan saya ikutan. Dan alhamdulillah saya menang ;). Makasih banyak yaa... Sejak ikutan lomba, saya jadi semakin semangat mereview buku dan jadi tau banyak blog-blog keren buatan negeri sendiri yang mendedikasikan isinya untuk buku-buku. Wow!

Setelah pikir-pikir, pikir-pikir, dan pikir-pikir, saya jadi pengen banget bergabung dengan BBI. Saya ingin menyebarkan keindahan dan kenikmatan membaca buku pada semua orang (yah, minimal ke rakyat Indonesia dulu aja lah. Toh english saya masih jauh dari cukup untuk bisa ngereview dengan bagus xp). Buku yang saya review sih masih sedikit. Tapi saya ingin selalu terpacu untuk mereview setiap buku yang saya baca. Dan saya rasa, bergabung dengan BBI adalah langkah awal yang bagus di tahun 2012 ini.. ;)

Yah, begitulah alasan saya 'bedol desa' ke blog baru ini. Soalnya saya nggak mau blog saya yang lama harus saya korbankan. Saya suka nulis, dan suka menuangkan pikiran saya ke tulisan, jadi biarlah saya buat blog baru saja supaya lebih fokus.

Ehem-ehem.. Singkat kata: 


WELCOME TO MY NEW BLOG. 
AND PLEASE BE KIND WITH ME... ;)

Semoga blog saya bermanfaat dan bisa menambah kecintaan kita terhadap buku.

January 12, 2012

Somewhere Only We Know -sebuah fragmen Wuthering Heights-

I walked across an empty land
I knew the pathway like the back of my hand
I felt the earth beneath my feet
Sat by the river and it made me complete

Pernahkah kalian mengasosiasikan sebuah lagu dengan cerita dari sebuah buku. Saya pernah. Setiap kali mendengar lagu "Somewhere Only We Know" oleh Keane, saya selalu teringat dengan salah satu novel favorit saya, Wuthering Heights.

Kisah si Tengil


Minggu lalu ketika saya berjalan-jalan ke TM Bookstore Detos, saya menemukan buku ini. Tinggal satu-satunya. Tanpa pikir panjang, saya langsung membawa buku itu ke kasir, dan membayarnya! Buku itu adalah... "Diary si Bocah Tengil" yang diterbitkan oleh Atria di Mei 2009.

2009? Sudah lama sekali ya. Yang saya beli ini bahkan sudah cetakan ke-10!! Wow! Sudah lama sekali saya melewatkan buku ini. Tapi, saya punya alasan yang cukup kuat. Tahun 2009 saya masih berada di Jepang, jadi saya tidak tahu kalau buku ini adalah buku yang bagus, bahkan best seller (alasan.. xp). Selain itu, tidak ada alasan bagi sebuah buku untuk menjadi kuno, menurut saya. Dan itulah istimewanya sebuah buku. Dia akan terus hidup selama ada orang yang membacanya. Kalo nggak, saya pasti jadi orang yang sangat kuno sekali (lebay), karena saya juga baru baca Heidi, The Little Prince, Pride and Prejudice, dan lain-lainnya akhir-akhir ini.

Penyihir Hebat Oz

Hore!! Saya menyelesaikan satu buku lagi minggu ini. Kerjaan saya soalnya belum ada kemarin, jadinya saya menghabiskan waktu untuk membaca novel The Wizard of Oz yang memang sengaja saya bawa. Untung saya bawa! Kalo nggak saya bisa cengo deh. Hahaha

Hhhmmm... Enaknya gimana ya ceritanya...

Gini aja deh....

Oh iya, Spoiler alert!!

Dorothy adalah seorang gadis kecil yatim piatu yang tinggal bersama Paman Henry dan Bibi Em di sebuah desa pertanian yang muram di Kansas. Suatu hari, angin puting beliung menerbangkan rumah Dorothy dan membawanya ke negeri ajaib. Dorothy tiba di negeri para Munchkin bersama anjing kecilnya, Toto. Ketika itu, "rumah terbang" Dorothy tidak sengaja meniban Tukang Sihir Jahat dari Timur dan membunuhnya. Dengan terbunuhnya penyihir jahat itu, para Munchkin bisa hidup dengan bebas kembali. Dorothy mengambil sepatu perak penyihir jahat dan memakainya. Di tempat itu, ia bertemu Penyihir Utara yang baik hati. Dorothy ingin kembali ke rumahnya di Kansas, tapi ia tidak tahu caranya. Dan sayangnya, Penyihir Utara tidak dapat membantunya. Tapi ada satu cara. Yaitu bertemu Penyihir Agung Oz yang terkenal kesaktian dan kebijaksaannya. Petualangan Dorothy untuk bertemu Oz di negeri ajaib itu pun dimulai....

Percy Jackson dan Dewi Olympia Terakhir

Percy Jackson And The Olympians - The Last Olympian

Buku ini adalah buku terakhir yang saya baca di tahun 2011. Seri terakhir Percy Jackson, yang sebenarnya sudah lama diterbitkan di Indonesia, tapi baru sekarang saya membacanya. Saya ini penganut better late than never, terutama soal membaca buku. Jadi ya, nggak papa lah ya saya baru baca sekarang.

Seri terakhir Percy Jackson ini benar-benar seru. Bikin saya tegang sepanjang waktu. Banyak kejutan-kejutan yang benar-benar bikin saya terkejut. Pokoknya benar-benar seru deh (eh, saya sudah sebut-sebut soal seru ya... ;p) Sejauh ini, buku terakhir inilah yang jadi favorit saya. (eh, udah selesai ya?)