July 25, 2012

[Cerpen Klasik] Yabu no Naka - Akutagawa Ryunosuke

Review cerpen klasik di bawah ini dalam rangka ikutan event-nya Baca Klasik yang sedang mengadakan kegiatan membaca cerpen klasik karya pengarang dunia. Berikut cerpen yang saya pilih, yaitu Yabu no Naka karya Akutagawa Ryunosuke.

Pertama kali baca ceritanya pas saya masih duduk di bangku SMA. Kebetulan yang tak terduga, membawa saya berkenalan dengan Om Akutagawa di salah satu sudut perpus sekolah. Sejak itu, saya jadi jatuh cinta sama karya-karya beliau...

Coz I'm Amazing Just The Way I Am ^^


Uglies (Uglies, #1)Uglies by Scott Westerfeld
My rating: 3 of 5 stars

Pernahkah Anda merasa hidung Anda kurang mancung, mata Anda terlalu sipit, tubuh Anda terlalu gemuk, betis Anda terlalu besar, tinggi Anda tidak semampai, tulang wajah Anda terlalu menonjol, rambut susah diatur, bulu mata nggak lentik, bibir dan hidung saling balapan kemancungan, dll. Sampai rasanya kau tak melihat ada sedikit pun hal bagus dari dirimu?
Hingga rasanya Anda ingin menabrakkan diri ke truk kontainer, ingin tenggelam ke dasar Atlantik (bersama Jack dan Titanic), atau pengen gantung diri di puun toge berdaun jarang?

STOP!

Jangan lakukan itu!

Jangan berpikir bodoh, hai teman. Tak tahukah kau kalau sekarang ini udah ada teknologi super canggih yang namanya operasi plastik. Jadi, coba minggir kasian itu supir truknya nggak bisa liwat. Udah, jangan coba-coba ikut tenggelem sama Jack karena Anda ga bakalan masup tipi, dan jangan gantung-gantung diri di puun toge berdaun jarang, karena kasian abang sotonya jadi nggak bisa jualan.

Mendingan kamyu ikut operasi di bawah ni aza dech.

".... Apakah dia harus memberitahu anak kecil itu bahwa sore ini tubuhnya akan dibedah, tulang-tulangnya akan dihaluskan untuk dibentuk sempurna--dengan sedikit peregangan dan pemadatan--tulang rawan hidung dan pipinya dilepas dan diganti dengan bahan plastik yang bisa diatur bentuknya, kulitnya dikelupas dan ditanam lagi dengan yang baru seperti rumput lapangan sepak bola di musim semi? Bahwa matanya akan dibentuk dengan sinar laser agar pandangannya jelas sempurna seumur hidup, dengan implan yang ditanam di bawah selaput mata sehingga mata cokelatnya yang biasa-biasa saja menjadi berkilau keemasan? Atau tentang otot-otot yang akan diganti secara elektrik dan semua lemak berlebih dikeluarkan untuk selamanya? Deretan gigi yang digantikan oleh bahan keramik putih seperti pajangan di asrama, dan sekuat sayap pesawat terbang?"
Gimandang? Oke punya duong?? Nggak sakit kok... Kecuali efek samping di bawah ini doang..

"Mereka bilang prosesnya tidak menyakitkan, kecuali pembentukan kulit baru, yang rasanya seperti terbakar sinar matahari mematikan selama beberapa minggu."
Yah.. Tentu saja. Cuma beberapa minggu aja kan, toh setelah itu kau akan jadi rupawan sampai kematian memisahkan nyawa dari raganya.

Tapi, sepertinya itu menyakitkan..

Well, beauty is pain, right? So, just bear with it if u really wanna be pretty.

July 3, 2012

Berplesir Bersama Bujang Dengan Hati Paling Lurus di Sepanjang Tepian Kapuas

Ibu, usiaku dua puluh dua, selama ini tidak ada yang mengajariku tentang perasaan-perasaan, tentang salah paham, tentang kecemasan, tentang bercakap dengan seseorang yang diam-diam kukagumi. Tapi sore ini, meski dengan menyisakan banyak pertanyaan, aku tahu, ada momen penting dalam hidup kita ketika kau benar-benar merasa ada sesuatu yang terjadi di hati. Sesuatu yang tidak pernah bisa dijelaskan. Sayangnya, sore itu juga menjadi sore perpisahanku, persis ketika perasaan itu mulai muncul kecambahnya.

Borno namanya. Usianya dua puluh dua ketika ia merasakan jatuh cinta untuk pertama kalinya. Jatuh cinta kepada seorang gadis cantik berwajah sendu menawan, yang setiap pagi menaiki sepit untuk menyeberangi Sungai Kapuas. Hingga suatu hari, sepucuk amplop merah tertinggal di dasar sepit Borno. Mugkinkah gadis cantik peranakan Cina yang berwajah sendu itu memang sengaja meninggalkan amplop merah serupa angpau itu di dasar sepit Borno, ataukah itu hanya amplop merah biasa yang biasa dipakai sebagai pemberian angpau ketika perayaan Imlek dan Cap Gomeh?

Kau, Aku, dan Sepucuk Angpau Merah adalah cerita cinta. Cerita cinta yang sederhana. Sesederhana matahari yang menyinari bumi setiap harinya tanpa mengeluh sedikit pun. Sesederhana hujan yang turun di pagi hari. Sesederhana angin yang lembut menyapa di sore hari. Sederhana.

July 25, 2012

[Cerpen Klasik] Yabu no Naka - Akutagawa Ryunosuke

Review cerpen klasik di bawah ini dalam rangka ikutan event-nya Baca Klasik yang sedang mengadakan kegiatan membaca cerpen klasik karya pengarang dunia. Berikut cerpen yang saya pilih, yaitu Yabu no Naka karya Akutagawa Ryunosuke.

Pertama kali baca ceritanya pas saya masih duduk di bangku SMA. Kebetulan yang tak terduga, membawa saya berkenalan dengan Om Akutagawa di salah satu sudut perpus sekolah. Sejak itu, saya jadi jatuh cinta sama karya-karya beliau...

Coz I'm Amazing Just The Way I Am ^^


Uglies (Uglies, #1)Uglies by Scott Westerfeld
My rating: 3 of 5 stars

Pernahkah Anda merasa hidung Anda kurang mancung, mata Anda terlalu sipit, tubuh Anda terlalu gemuk, betis Anda terlalu besar, tinggi Anda tidak semampai, tulang wajah Anda terlalu menonjol, rambut susah diatur, bulu mata nggak lentik, bibir dan hidung saling balapan kemancungan, dll. Sampai rasanya kau tak melihat ada sedikit pun hal bagus dari dirimu?
Hingga rasanya Anda ingin menabrakkan diri ke truk kontainer, ingin tenggelam ke dasar Atlantik (bersama Jack dan Titanic), atau pengen gantung diri di puun toge berdaun jarang?

STOP!

Jangan lakukan itu!

Jangan berpikir bodoh, hai teman. Tak tahukah kau kalau sekarang ini udah ada teknologi super canggih yang namanya operasi plastik. Jadi, coba minggir kasian itu supir truknya nggak bisa liwat. Udah, jangan coba-coba ikut tenggelem sama Jack karena Anda ga bakalan masup tipi, dan jangan gantung-gantung diri di puun toge berdaun jarang, karena kasian abang sotonya jadi nggak bisa jualan.

Mendingan kamyu ikut operasi di bawah ni aza dech.

".... Apakah dia harus memberitahu anak kecil itu bahwa sore ini tubuhnya akan dibedah, tulang-tulangnya akan dihaluskan untuk dibentuk sempurna--dengan sedikit peregangan dan pemadatan--tulang rawan hidung dan pipinya dilepas dan diganti dengan bahan plastik yang bisa diatur bentuknya, kulitnya dikelupas dan ditanam lagi dengan yang baru seperti rumput lapangan sepak bola di musim semi? Bahwa matanya akan dibentuk dengan sinar laser agar pandangannya jelas sempurna seumur hidup, dengan implan yang ditanam di bawah selaput mata sehingga mata cokelatnya yang biasa-biasa saja menjadi berkilau keemasan? Atau tentang otot-otot yang akan diganti secara elektrik dan semua lemak berlebih dikeluarkan untuk selamanya? Deretan gigi yang digantikan oleh bahan keramik putih seperti pajangan di asrama, dan sekuat sayap pesawat terbang?"
Gimandang? Oke punya duong?? Nggak sakit kok... Kecuali efek samping di bawah ini doang..

"Mereka bilang prosesnya tidak menyakitkan, kecuali pembentukan kulit baru, yang rasanya seperti terbakar sinar matahari mematikan selama beberapa minggu."
Yah.. Tentu saja. Cuma beberapa minggu aja kan, toh setelah itu kau akan jadi rupawan sampai kematian memisahkan nyawa dari raganya.

Tapi, sepertinya itu menyakitkan..

Well, beauty is pain, right? So, just bear with it if u really wanna be pretty.

July 3, 2012

Berplesir Bersama Bujang Dengan Hati Paling Lurus di Sepanjang Tepian Kapuas

Ibu, usiaku dua puluh dua, selama ini tidak ada yang mengajariku tentang perasaan-perasaan, tentang salah paham, tentang kecemasan, tentang bercakap dengan seseorang yang diam-diam kukagumi. Tapi sore ini, meski dengan menyisakan banyak pertanyaan, aku tahu, ada momen penting dalam hidup kita ketika kau benar-benar merasa ada sesuatu yang terjadi di hati. Sesuatu yang tidak pernah bisa dijelaskan. Sayangnya, sore itu juga menjadi sore perpisahanku, persis ketika perasaan itu mulai muncul kecambahnya.

Borno namanya. Usianya dua puluh dua ketika ia merasakan jatuh cinta untuk pertama kalinya. Jatuh cinta kepada seorang gadis cantik berwajah sendu menawan, yang setiap pagi menaiki sepit untuk menyeberangi Sungai Kapuas. Hingga suatu hari, sepucuk amplop merah tertinggal di dasar sepit Borno. Mugkinkah gadis cantik peranakan Cina yang berwajah sendu itu memang sengaja meninggalkan amplop merah serupa angpau itu di dasar sepit Borno, ataukah itu hanya amplop merah biasa yang biasa dipakai sebagai pemberian angpau ketika perayaan Imlek dan Cap Gomeh?

Kau, Aku, dan Sepucuk Angpau Merah adalah cerita cinta. Cerita cinta yang sederhana. Sesederhana matahari yang menyinari bumi setiap harinya tanpa mengeluh sedikit pun. Sesederhana hujan yang turun di pagi hari. Sesederhana angin yang lembut menyapa di sore hari. Sederhana.