Kisah Kawin Kontrak Islami yang Buat Hati Meringis


Wedding Agreement
by Mia Chuz
My rating: 1 of 5 stars

Jadi, waktu ke rumah seorang teman, dia tiba-tiba pegang-pegang buku ini dan buka-buka bukunya di hadapan saya. Dia bilang, dia kenal sama penulisnya bahkan dikasih tiket buat nonton filmnya juga. Dia kemudian cerita kalo si penulisnya memasukkan brand teman saya itu ke dalam bukunya, tapi dia lupa di bagian mana.

Suara batin

Apaan deh tiba-tiba ni bocah pegang-pegang bukunya di depan gw sambil cerita begitu

Oh, apa dia mau rekomendasiin bukunya ke gw, ya? Aduh, tapi gw gak tertarik.

Dilema sesaat

"Ya udah, sini deh gw yang baca. Ntar kalo gw nemu nama lo, gw tandain." akhirnya menyerah

"Oh, lo mau baca? Tapi ceritanya picisan gitu, sih."

Ya, ya... Gapapa deh. Lagi rada mood mellow juga. Kali aja malah demen.

......

Kemudian, bertandanglah saya ke Goodreads untuk membaca review orang-orang. Kebiasaan saya emang begini. Sebelum baca suatu buku, pasti baca ripiu orang-orang dulu. Kadang baca ripiu sambil baca bukunya malah. Makanya beberapa kali pernah kespoiler juga. Spoiler yang terberat adalah waktu baca ripiu seseorang tentang "Ronggeng Dukuh Paruk" dan orang itu langsung saya coret dari pertemanan saya. Huhuhuu

Begitu saya baca ripiu orang-orang, saya jadi ragu kalo saya bakal suka sama novel ini. Jujur, saya males banget baca soal kawin kontrak gitu. Kalo saya tau "Wedding Aggreement" itu tentang kesepakatan pernikahan yang seperti itu, tentu saya gak akan mau baca. Saya pikir judulnya ini ada hubungannya dengan prenup gitu, eh ternyata bukan. Aduh, kecele deh. Abisnya di belakang novelnya kagak ada sinopsisnya, cuma endorse dari orang terkenal gitu, deh. Hadeh...

Saya nggak suka sama karakter-karakternya. Sama Bian paling nggak suka. Bener-bener Bian(g) kerok soalnya. Malesin banget dah. Semestinya dia bilang dari awal ke siapa deh (ya ampun, langsung lupa nama tokoh utama ceweknya begitu tutup buku dong 😂), oh iya Tari, kalo dia nikah dengan terpaksa dan dia berniat menikahi Sarah, pacarnya dari kuliah. Bukannya udah sah segala macemnya, baru ngomong ke Tari. Males bat gw sama orang yang mempermainkan pernikahan kayak gini 🙄
Ya, elo sih cowok, abis nikah kemudian cerai, orang-orang masih nganggep lo baek, ya. Tapi kalo cewek kan gak gitu.

Terus, gw (kalo kesel jadi gue-guean dah) juga banyak pertanyaan soal hal-hal yang mungkin dianggap printilan. Kayak soal tempat tinggal mereka di mana deh? Kayaknya sih Jakarta, ya. Pake bawa-bawa Bekasi sama Tangerang soalnya. Tapi kok ada adegan ketika si Tari bilang mau nginep ke rumah pakdenya. Abis itu pas Lebaran dia pergi ke rumah pakdenya itu di Wonosobo. Eh terus terakhir dia bilang jarak rumah mama mertuanya sama rumah pakdenya sekitar tiga jam. Padahal rumah mertuanya keknya masih di sekitaran Jabodetabek. Jadi di mana rumah pakdenya coba? Ini mungkin banget cuma gw yang miss baca, sih. Soalnya gw bacanya skimming gitu.

Hal lain yang bikin gw geleng-geleng kepala juga komentar Bian soal mobilnya Tari yang udah tua dan harganya di bawah 200 juta. Mobil tiga tahun udah tua? Tiga tahun?! Tua?! 🙄🙄🙄🙄🙄

Belom lagi adeknya si Tari yang sengaja disimpen gak dikeluarin sampe menjelang akhir buat nambahin konflik. Terus baru diceritain di belakang kalo mereka berdua dekat padahal dari awal cerita sampe halaman 200-an gak ada jejak adeknya sama sekali. Hellaawww!

Buat gw, cerita ini mestinya selesai di halaman 300 kurang dikit. Penyelesaian konfliknya mestinya bisa diperpadat karena toh gak ada perubahan yang berarti juga dengan menambah konflik.

Oh iya, selama baca ini gue jadi inget adegan-adegan komik serial cantik atau drama-drama Asia yang temanya serupa gitu. Cuma ini versi Islaminya. Dan sebenarnya gw justru males begitu sadar itu. Apalagi ada hal-hal yang disampaikan penulis di sini yang gak gw setujui.

Pertama, soal perceraian. Gw melihat si penulis terlalu menyederhanakan hukum perceraian. Bahwa kita harus menghindari perceraian sebisa mungkin. Ya, itu ada benarnya. Tapi, yang gw tau, hukum cerai itu macem-macem, meski asalnya makruh. Ada yang bisa jadi wajib, ada yang jadi sunnah, ada yang jadi haram. Gak percaya? Kalo emang rumah tangganya udah penuh kezaliman, ya bisa jadi wajib buat cerai. Belom lagi ada juga yang namanya khulu', di mana istri bisa minta cerai tanpa nunggu talak dari suami.

Kedua, soal memahami hakikat ujian. Ini pas si Tari lagi sharing apa isi seminar atau apalah gitu. Dia bilang gini:

"Bagi teman-teman yang usahanya biasa-biasa saja, tidak ada tantangan, tidak ada masalah, tidak ada ujian, maka bersedihlah, segera muhasabah diri. Itu artinya Allah tidak memilih teman-teman untuk menjadi manfaat, untuk tumbuh," lanjut Tari penuh penekanan. "Ujian dalam usaha itu adalah tanda, tanda yang Allah berikan agar teman-teman menjadi besar dan lebih kuat."

Apaan dah? Yang ada kalo usaha lo biasa-biasa aja, gak ada tantangan, gak ada masalah, gak ada ujian, ya lo bersyukur, lah! Masa nantangin biar masalah dateng? Emang cuma bisa belajar kalo ada masalah doang? Terus kalo lo udah dapet tantangan dan ujian emang artinya lo lebih bermanfaat dari orang lain? Artinya lo orang pilihan, gitu? Derajat lo lebih di atas yang lainnya?

Gw memang gak suka ide bahwa kita harus merayakan luka dan penderitaan untuk mencapai derajat manusia tertentu. Hidup ini memang ujian, tapi apakah ujian itu berarti penderitaan, kerugian, dan hal-hal malang lainnya? Usaha yang biasa-biasa saja itu juga ujian. Usaha yang nggak dapat tantangan dan masalah itu juga ujian. Sama dengan hidup lo yang biasa-biasa aja tapi punya karir bagus, gaji mencukupi, dan bisa hidup baik-baik aja. Itu semua ujian buat lo, apalagi kalo lo ternyata nggak bisa menjalani itu semua dengan penuh kerendahan hati dan kepasrahan diri kepada-Nya.

Ketiga, masih ada hubungannya sama yang di atas. Soal hukuman, musibah, dan ujian. Di sini gw jadi inget sebuah adegan di sinetron Ramadhan favorit gw, "Para Pencari Tuhan".

Gw lupa gimana detailnya, tapi seinget gw waktu itu ada yang nanya, "Bagaimana kita tahu apakah bencana yang menimpa kita itu adalah hukuman atau ujian."

Jawabannya begini kira-kira, "Coba kita tanya lagi ke diri kita. Apa yang terlintas pertama kali. Itu adalah hukuman atau ujian?"

Kalo di sini sebenernya sih ada pertanyaannya Bian yang begini:

"Satu lagi Ustaz. Apakah ujian adalah cara Allah untuk menghukum hamba-Nya yang berbuat maksiat?"

Ustaz kembali tersenyum. "Ujian itu justru tanda Allah sayang dengan hamba-Nya," jawab ustaz. "Allah tidak ingin hamba-Nya semakin menjauh, maka Dia menarik kita mendekat kepada-Nya, lewat ujian."


Ye, kagak salah juga sih ye. Cuma, kalo begitu, kesannya si Bian ini kagak salah apa-apa, pan. Padahal dari awal aja salahnya dia udah banyak banget. Eh, kalo begini jadi kagak introspeksi diri, dong! 🙄🙄🙄🙄

Btw, ternyata setelah baca lagi gw emang gak sreg kalo "ustaz" ditulisnya pake begitu dan bukan pakai "ustadz" karena asal huruf Arabnya kan bukan "zal" tapi "dzal". Awalnya gw nyaman-nyamanin aja karena mikir itu selingkungnya, ye kan... Tapi ternyata emang gak sreg juga. Hahaa.

Oh iya, satu lagi soal pemakaian bahasanya, ternyata gw juga selalu merasa aneh dengan keminggris (bukan gerimis) yang sering tiba-tiba nongol di adegan percakapan. Ya, gw tau sih emang kite udah sering pake enggris di percakapan, macam really, are you sure, dll. Cuman, aneh aja sih kalo tau-tau ngomong well, dll. Tapi mungkin itu cuma gw aja, karena gw dan orang-orang di sekitar gw nggak berkomunikasi dengan gaya seperti itu.

Ckckck... Udah lama nih ye, gak misuh-misuh di ripiu. Lain kali, daripada misuh-misuh, mending dihindarin aja dah buku kayak gini. Kemungkinan gak sukanya lebih gede daripada sukanya.

Sekian

* Apa akhirnya saya menemukan nama teman saya di dalam bukunya? Nggak, soalnya saya bacanya skimming 😂

** Ada satu typo yang kocak dan bikin saya geli:
"Aldi... Dia berniat mengajak kita bertemu. Dia mau traktir makan sepuasanya, kayaknya."

Oleh ugha tu kapan-kapan dipake, "Traktir makan sepuasanya." Kapan lo puasa, gw traktir dah! Hahahaa

*** Yang terakhir ini nggak terlalu lucu, karena kisah ini sebenarnya mengingatkan saya dengan kisah yang pernah saya dengar dari kenalan saya. Dia menikah karena perjodohan. Orang tuanya dan orang tua si lelaki saling berteman. Kenalan saya menikah karena ingin berbakti kepada orang tuanya. Namun, pernikahan mereka kandas. Si perempuan bahkan tak pernah disentuh sama sekali oleh si lelaki. Sempat ada pertanyaan, apakah si lelaki ini nggak normal? Tapi, setelah itu si lelaki ini menikah lagi dengan perempuan lain dan mereka punya anak. Kedua orang tua mereka yang tadinya berteman pun putus hubungan pertemanan, dan si perempuan sempat begitu depresi karena selain pernikahannya gagal, dia juga merasa gagal sebagai perempuan. Hikmah yang saya dapat dari situ, membahagiakan orang tua itu nggak harus dengan pernikahan, karena pernikahan membawa konsekuensi yang besar terhadap dua keluarga dengan janji di hadapan Tuhan dan di hadapan manusia pula. Ada orang-orang yang nggak bahagia karena menikah dengan cara seperti itu. Dan meromantisisasi hal semacam ini, tambah efek dramatis, konflik, tragedi, siksaan batin malah bikin saya eneg dengan cerita-cerita macam ini. Sekian dan terima kasih.

Comments