Enormous Crocodile


The Enormous CrocodileThe Enormous Crocodile by Roald Dahl
My rating: 4 of 5 stars

Di tengah rimba belantara, hiduplah seekor buaya bernama Enormous Crocodile (iya, itu namanya). Dia adalah buaya yang sangat bessaarr dan juga licik. Hari itu, dia lagi kepingin makan anak-anak. Jadi, dia bilang deh ke temennya si Notsobig One kalau dia bakalan ke kota, dan memangsa anak-anak di sana. Notsobig One melarang niat Enormous Crocodile yang jahat itu, tapi si Enor ga peduli. Jadilah dia keluar dari sungai berlumpur tempat tinggalnya, dan berjalan menyusuri hutan menuju ke kota.

Di perjalanan, dia bertemu dengan hewan-hewan hutan, seperti Humpy Rumpy si kuda nil, Trunky si gajah, Muggle Wump si monyet, dan Roly Poly Bird si burung. Mereka melarang Enor untuk melaksanakan niatnya itu, tapi dia nggak peduli. Enor akan tetap ke kota dan mencari mangsa, sedikitnya tiga anak kecil...

Lalu, tibalah ia di tempat yang banyak ditumbuhi pohon kelapa. Anak-anak senang memunguti buah kelapa yang jatuh (karena mereka nggak bisa manjat). Si Enor tau hal ini, dan dia siap untuk melaksanakan triknya, yaitu... Clever Trick Number One.

Seperti apakah trik Enormous Crocodile? Berhasilkah ia memangsa tiga anak kecil yang lucu, imut, dan nggak berdosa?

Aha! Cari sendiri jawabannya di buku tipis yang dipenuhi dengan ilustrasi berwarna ini. Dijamin ngakak (kalo suka... xp)

Lagi-lagi saya kagum deh sama cerita Opa Dahl. Ceritanya sederhana, tapi dikemas dengan apik dan pesannya pun tersampaikan dengan jelas. Ditambah lagi dengan ilustrasi khasnya Madam Quentin Blake, ceritanya jadi semakin memukau. Nyesel deh dulu saya nggak beli buku ini, pas lagi KGF tahun lalu... Padahal diskon 40% kalo nggak salah... :'(

Ceritanya yang sederhana dan sarat pesan yang baik (kali ini nggak aneh-aneh ceritanya), saya rasa cerita Enormous Crocodile si buaya pantas dibaca oleh anak-anak dari segala usia. Melalui kisah ini, mereka akan diajari untuk tidak sombong, tidak tamak, dan tidak menyakiti orang lain.

Dan... Review ini masuk ke dalam challenge-challenge berikut ini...




Comments

  1. Saya baca yang versi Indonesia~ Sukaaaa apalagi berwarna, paling senang dibagian buayanya terbang ke luar angkasa :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya... Lucu banget pas bagian itu... xD
      Aku juga suka pas dia nyamar jadi pohon kelapa. Kok kepikiran sampe kesitu, ya... xDD

      Delete

Post a Comment