Bila Malam Bertambah Malam


Bila Malam Bertambah Malam
by Putu Wijaya
My rating: 3 of 5 stars

Ini adalah kali pertama saya membaca karya Putu Wijaya. Berawal dari diskusi sastra dengan seorang teman, saya jadi tertarik untuk mengetahui seperti apa karya-karya beliau. Beruntung di iPusnas ada bukunya, jadi saya langsung pinjam.

"Bila Malam Bertambah Malam" mengambil latar di sebuah rumah bangsawan di Bali di sekitar tahun 50an. Tentang Gusti Biang, seorang janda tua pemarah yang benci pada apapun, khususnya pada pembantu perempuannya, Nyoman. Selain Nyoman, di rumah itu juga ada Wayan, seorang lelaki tua yang dengan setia mengabdi di rumah itu.

Konflik dimulai ketika Gusti Biang, yang semakin iri dengan kemudaan dan kecantikan Nyoman, memaki dan memarahi perempuan muda itu. Ia marah karena hal-hal sepele hingga berdelusi bahwa Nyoman berniat untuk meracunnya dengan obat-obat, yang sebenarnya didapatkan dari dokter.

Gusti Biang adalah seorang janda bangsawan yang kolot, ketinggalan zaman, dan begitu memandang tinggi kasta serta kebangsawanannya. Dia menganggap rendah orang-orang yang berada di bawah kastanya dan menganggap mereka patut diperlakukan seenaknya. Gusti Biang memiliki seorang putra bernama Ngurah, yang kuliah di Jawa (ternyata bagi orang Bali, Jawa itu sebutan untuk tempat di luar Bali). Ngurah baru muncul di bagian akhir cerita untuk menambah rumit konflik yang ada sekaligus memberikan penyelesaian atas cerita.

Sebagai karya pertama Putu Wijaya yang saya baca, pada awalnya saya merasa agak bosan juga. Tapi kemudian saya menjadi marah, kesal, dan benci dengan si Gusti Biang. Saya suka dengan si Wayan tua yang sudah tahu bagaimana cara menghadapi amarah tak terkendali Gusti Biang. Putu Wijaya begitu pandai dalam meramu emosi pembacanya sehingga saya merasa larut dalam cerita. Saya jadi ingin baca karya-karyanya berikutnya.

Saya sungguh berterima kasih pada iPusnas yang koleksi sastranya makin lama makin oke. Semoga saja semakin banyak karya-karya sastrawan Indonesia masuk di dalamnya sehingga generasi sekarang jadi mudah untuk mengaksesnya.

Comments