Pembunuhan ABC

 

Pembunuhan ABC - The ABC MurdersPembunuhan ABC - The ABC Murders by Agatha Christie
My rating: 3 of 5 stars

Dulu pernah ada perbincangan hangat dengan teman-teman kuliah, mengenai siapa detektif fiktif favorit masing-masing. Sherlock Holmes atau Hercule Poirot? Saya dan seorang teman menjawab Sherlock Holmes, sementara seorang teman menjawab Hercule Poirot. Meskipun saya jawab Sherlock Holmes, tapi waktu itu sebenarnya saya belum pernah baca satupun kisah Hercule Poirot ^^; Saya cuma dengar saja dari orang, dan menurut saya karakternya kurang menarik. Sudah tua pula X) Mungkin saya termakan gambaran Hercule Poirot yang pernah saya lihat di film. Selain itu, buku-bukunya Agatha Christie tuh banyak dan tuebel-tuebel (padahal saya cuma pernah ngintip "Tirai" aja waktu itu. Wkwkwk) nggak kayak Sherlock, yang satu buku banyak ceritanya.

Baru beberapa tahun terakhir ini saya tertarik untuk membaca Agatha Christie dan kisah-kisah Hercule Poirot. "Pembunuhan ABC" ini adalah buku kedua yang saya baca setelah "Pembunuhan di Orient Express". Keduanya bagus, tapi kalau sekarang ditanya lebih suka Sherlock Holmes atau Hercule Poirot, tentu saja saya akan menjawab Sherlock.

Bagi saya pribadi, " Pembunuhan di Orient Express" lebih menarik daripada "Pembunuhan ABC", meski saya mencatat beberapa kejanggalan juga di kisah yang pertama. Jangan tanya apa ya, soalnya saya lupa. Bacanya udah lama X)

Mungkin saya terbiasa dengan alur Sherlock yang cepat, jadi saya merasa kisah ini penyelesaiannya luama buanget. Di tengah buku saya merasa tidak sabar dan terkantuk-kantuk waktu membacanya. Pokoknya saya maunya ceritanya cepat selesai dan saya tahu siapa pembunuhnya. Saya sudah berniat untuk kasih bintang dua tadinya, tapi untunglah Oma Agatha memberi penyelesaian yang apik, sehingga saya menaikkannya menjadi tiga bintang. Selain itu, covernya yang pinky itu juga cantik dan menarik!

View all my reviews

Comments