Reading Challenge 2013



Sepuluh hari pertama di bulan Januari telah berlalu. Setelah saya membuat posting yang mereview challenge-challenge yang saya ikuti di tahun 2012, saya ingin mendedikasikan laman ini untuk challenge yang akan saya ikuti di tahun 2013 ini. Jujur, saya ini cukup lemah iman... :’( Ngeliat challenge seru sedikit bawaannya pengen ikutan aja. Padahal, saya ini moody banget kalo baca. Harus nunggu mood-nya ada dulu. Kalo lagi nggak pengen, ya saya nggak baca apa-apa. Bahkan tahun lalu saya sempet mandeg baca. Sebulan cuma sebiji doang, terus blog ga diapdet-apdet. Padahal saat itu saya abis borong buku mosok! O.o
Semoga di tahun ini, saya nggak kayak tahun lalu. Beli bukunya impulsif, bacanya dong kayak siput. Walhasil timbunan semakin meninggi tapi yang dibaca baru sedikit. :DD Semoga juga, challenge-challenge yang saya ikutin ini akan semakin menurunkan kadar timbunan saya, bukannya menambah. Heuheuheuu..
Well, biar nggak berpanjang lebar lagi, inilah tantangan-tantangan yang akan saya ikuti di tahun 2013 ini.
Goodreads Reading Challenge 2013
Hingga akhir tahun, saya menargetkan untuk baca 90 buku, dan saya berhasil membaca 188 buku! Yeayyy!! Meskipun banyak komiknya (tapi kan yang bahasa Jepang, jadi bacanya lama juga xp), tapi secara keseluruhan, bisa dianggap saya sangat berhasil lah ya dibandingkan tahun 2011 yang kerjaan saya baca fanfic doang.. X)
Jadi, di tahun 2013 ini, saya menargetkan diri untuk membaca 93 buku. Naik 3 buku dari tahun lalu. Nambahnya dikit ya? Biarin aja ah. Yang penting targetnya tercapai. Hehehee...
Hotter Potter Reading Event


Waktu Melisa di surgabukuku mengadakan challenge ini, saya langsung galau, gundah gulana. #tsaah Pengen banget ikutan, karena saya pun salah seorang yang tumbuh besar dengan Harry dkk. Saya juga suka banget baca fanfic-nya (so what?!) dan yang terpenting, saya belum pernah membuat review tentang Harry Potter, karena buku-bukunya saya baca jauh sebelum kenalan sama Goodreads. Jadi, saya pun meneguhkan hati untuk ikut event, yang berlangsung dari Januari-Juli ini. Dan... Hal pertama yang harus saya lakukan untuk bisa mengikuti event ini adalah... cari pinjeman buku XD (Iya, saya nggak punya bukunya. Cumi—cuman minjem—semuanya....).
Fun Year Event with Children Literature




Saya adalah penggemar berat buku-buku anak. Sebagian besar koleksi saya, begitupun review yang ada di blog ini, adalah buku-buku anak. So, how could i miss this event? Event seru ini diadakan oleh Bzee di Bacaan B.Zee. Selama setahun ini, ada berbagai event seru, yang berkaitan dengan buku-buku anak. Dan.. Inilah saat yang tepat untuk menghabiskan timbunan buku-buku anak yang saya punya.
Yoshikawa Reading Challenge


Sudah lama sekali saya punya buku “Taiko” karya Eiji Yoshikawa. Tapi, sudah lama juga buku itu teronggok begitu saja di kedalaman rak saya, tanpa ada secercah cahaya yang datang untuk menyapanya.. #tsaahh Lalu, akhirnya cahaya itu datang melalui challenge Mas Tezar di Membaca Buku. Jadi, inilah saatnya bagi saya untuk menyelesaikan buku yang telah begitu lama ditelantarkan ini... Maafkan aku Yoshikawa jii-chan :’(
Books in English
Tadinya, saya pikir sudah cukup untuk mengikkuti empat challenge di atas saja. Hingga akhirnya Mbak Peni di Ketimbun Buku memutuskan untuk melanjutkan challenge yang tadinya dipegang oleh Melisa di surgabukuku ini. Meskipun tahun lalu saya terhitung nggak begitu berhasil, karena ada beberapa bulan yang blas ga baca buku english sama sekali, tapi tahun ini saya dengan pedenya pengen ikutan lagi. Kebetulan stok ebook bahasa Inggris juga lumayan banyak. Plus beberapa buku bahasa Inggris hasil obralan yang masih terdiam kaku di dalam rak (Apa deh hari ini saya sok puitis banget.. X) Pasti gara-gara ujan di luar.. xD). Jadi, semoga tahun ini lebih banyak buku bahasa Inggris yang saya baca...
What’s in a Name Reading Challenge 2013


Challenge yang satu ini awalnya di-host oleh Mbak Fanda, tapi di tahun ini berpindah tangan ke Ren di Ren's Little Corner. Berbeda dengan tahun sebelumnya, di tahun ini Ren memberikan beberapa tingkatan yang bisa dipilih sesuai dengan kemampuan membaca kita. Berikut tingkatannya:
Level 1 : That's not My Name  (Baca 5 buku dengan nama tokoh di judulnya )
Level 2 : What's in a Name  (Baca 10 buku dengan nama tokoh di judulnya)
Level 3 : You Know My Name (Baca  15 buku dengan nama tokoh di judulnya)
Level 4 : Crazy About Name (Baca 20 buku atau lebih dengan nama tokoh di judulnya)
Untuk lengkapnya, mengenai reading challenge ini dan rencana membaca saya ke depannya, akan saya jelaskan lebih lanjut di master post-nya. Jadi, sejauh ini ada 6 challenge yang saya ikuti. Entah akan bertambah lagi atau tidak. Hanyalah waktu yang mampu menjawabnya...

Comments